Perbedaan Mesin Cuci Laundry dengan Mesin Rumahan

Perbedaan Mesin Cuci Laundry dengan Mesin Rumahan

Mesin cuci kini jadi perabot yang banyak dicari. Selain dipakai untuk meringankan pekerjaan rumah tangga, alat elektronik yang satu ini juga bisa dijadikan ladang bisnis laundry dengan omzet yang cukup menggiurkan.

Namun, penting bagi Anda untuk membedakan penggunaan mesin cuci laundry atau mesin pengering laundry (commercial heavy duty) dan mesin cuci rumahan (home appliances). Jangan sampai terbalik, ya, sebab kapasitas dan intensitas penggunaan mesin cuci juga berpengaruh terhadap daya tahan si mesin itu sendiri.

Apa saja, sih, perbedaan mesin cuci laundry dan rumahan?

  1. Mesin Cuci Rumahan

Mesin cuci rumahan umumnya lebih sering dipakai untuk mencuci pakaian dalam jumlah banyak. Penggunaannya pun tidak se-intens seperti pada mesin cuci laundry. Biasanya untuk kebutuhan rumah tangga orang lebih suka menggunakan mesin cuci bukaan atas (top-loading).

Keunggulan mesin cuci top-loading adalah fitur agitator pada bagian tengah yang memungkinkan air dan pakaian dapat berputar bersamaan. Meski termasuk mesin cuci rumahan, masih banyak bisnis laundry berskala kecil yang menggunakan mesin cuci tipe top-loading ini.

Adapun kekurangannya adalah sedikit boros, karena selama proses pencucian mesin ini memerlukan banyak air dan detergen.

  1. Mesin Cuci Laundry

Kebalikan dari sebelumnya, mesin cuci dan mesin pengering laundry biasanya bertipe front-loading. Tipe mesin ini memiliki agitator horizontal yang membuat proses pencucian lebih maksimal tanpa merusak pakaian dan serat kain.

Secara efisiensi, mesin cuci laundry juga lebih hemat karena saat membilas, mesin akan tetap menyemprotkan air. Detergen yang digunakan pun cenderung lebih sedikit. Meski begitu, kapasitas ruangan mesin cuci sedikit lebih sempit karena drum (bak) pencuci dan pengering jadi satu.

Singkatnya, masing-masing jenis mesin cuci memiliki keunggulan dan kekurangannya. Soal tipe mana yang mau dipilih, sesuaikan saja dengan bujet dan kebutuhan Anda. Jangan lupa, perawatan mesin cuci juga tak kalah penting, lho. Awet tidaknya mesin cuci sangat tergantung dari bagaimana Anda menggunakannya.

Share this post